Senin, 29 November 2010

5 TIPS KEPEMIMPIAN

Kesulitan yang banyak dihadapi seseorang pemimpin adalah bagaimana membuat orang lain hormat dan mengikuti kepemimpinan si pemimpin.

Ini 5 tips bagaimana cara membuat orang lain mendukung kepemimpinan KITA dan menopang segala beban target tugas KITA :

1. BERTANYA DAN MENDENGAR

Harus ada keseimbangan antara bicara dan mendengar. Ketika KITA memberi waktu untuk mendengar berbagai keluhan, permasalahan dan kesulitan, sebenarnya KITA sedang “investasi” rasa hormat dari karyawan pada diri KITA

Ketika KITA “Bertanya”, sebenarnya KITA sedang memenuhi “internal – needs” mereka. KITA juga sedang membangun hubungan dan mereka akan merasa sangat dihargai.

Saat KITA menyediakan waktu untuk mendengar problem, ide dan saran mereka, sebenarnya KITA sedang “menghargai” pemikiran dan mengangkat aktualisasi diri mereka.

2. MEMBERI RESPON

Para karyawan membutuhkan perhatian KITA, dengan cara KITA mendengar isi pikiran mereka. Tidak hanya sampai mendengar saja, KITA juga diharapkan meresponi kebutuhan dan pertanyaan mereka. Dengan memberi respon yang tepat dan cepat, akan mendongkrak kualitas kepemimpinan KITA di mata para karyawan.

3. MEMBERI TELADAN

Tidak cukup hanya mendengar dan meresponi saja. Apakah KITA member teladan dan contoh atas apa yang KITA katakan ? Bila KITA membuat peraturan tidak boleh gunakan internet kantor untuk keperluan pribadi, apakah KITA juga praktekan hal itu ? Perlu diingat, segala tindakan seorang Leader, akan disorot habis oleh karyawan, Mereka akan menonton teladan KITA.

4. MEMECAHKAN MASALAH BERSAMA

Respek terbesar yang akan diberikan anak buah terhadap seorang atasan adalah ketika dia menemui masalah, setelah dia coba dengan segala cara dan tidak berhasil, kemudian atasan mengulurkan tangan untuk sama – sama memecahkan masalah hingga menemukan solusinya.

Pemimpin yang dihormati anak buah adalah pemimpin yang menunjukan sikap bahasa “ KITA”, bukannya “aku”. Jadi bila ada kesulitan, ini adalah kesulitan dan masalah bersama. Berarti, bila bawahan tidak bisa atasi, adalah tanggung jawab atasan turun ke bawah bersama – sama mencari jalan keluarnya, bukan bersikap tidak mau tahu dan hanya mau terima beres saja.

5. BANGUN KOMUNIKASI DUA ARAH

Orang akan peduli dengan KITA bukan dari apa yang KITA katakan tetapi dari sejauh mana KITA peduli terhadap orang lain. Prinsip yang paling utama untuk mendongkrak orang respek pada KITA adalah “perlakukan orang lain sebagaimana KITA ingin diperlakukan”.

Praktekan dengan konsisten lima tips di atas setiap hari dengan tekun. Yang paling penting bukan berapa banyak ide baru yang KITA pelajari tetapi berapa banyak perubahan yang telah KITA praktekan. Mulailah sekarang juga, karyawan KITA sedang menantikan perubahan dari diri KITA.

Sumber : Internet

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More